Dua youtuber Indonesia di China sukses memperkenalkan kuliner Indonesia di China. Mereka adalah Shanty yang tinggal di timur laut china dan Yenny yang tinggal di China utara. Shanty memiliki channel youtube Shanty di China sedangkan Yenny dengan channel Yenny Di China.
Kedua youtuber tersebut bukan saja mampu mempromosikan kuliner Indonesia kepada masyarakat China tapi juga mampu meraup subscriber baru sekitar 200 ribu dalam jangka 1 bulan. Bahkan beberapa kali konten jualan kuliner Indonesia menjadi trending.
Banyak netizen Indonesia memuji dan menyemangati kedua Youtuber tersebut untuk terus konsisten memperkenalkan dan menjual makanan khas atau kuliner Indonesia di sekitar tempat tinggal mereka. Ternyata antusias masyarakat China untuk mencoba masakan Indonesia cukup tinggi karena ternyata sesuai dengan Lidah mereka.
Cara kedua Youtuber Indonesia di China dalam memperkenalkan kuliner Indonesia di sana cukup menarik. Yenny memulai dengan menjuadl bakso sapi tetapi kepada para calon pembeli dia meminta mencoba dulu rasanya dan jika tertarik baru membeli.
Sedangkan cara Shanty mengawali promosi kuoiner Indonesia di China adalah dengan menggunakan food truck dan 3 hari pertama memberi secara gratis kepada masyarakat yang mengunjungi tempat jualannya. Shanty mengawali dengan mempromosikan kuliner Indonesia seperti bakwan, tempe mendoan, ayam bumbu ala kfc dan soto ayam.
Walaupun bakso atau soto juga mirip dengan makanan yang ada di China tapi bumbunya berbeda. Makanan-makanan yang datang dari berbagai belahan dunia ketika di Nusantara akan mengalami modifikasi dari sisi cita rasa karena nusantara adalah surga bumbu masakan.